Aug 28, 2017

Yuk Nikmati Pameran Kartun Om Pasikom di Bentara Bali

OM Pasikom adalah sosok karikatur ciptaan GM Sudarta yang muncul pertama kali pada tahun 1967. Lewat karikatur-karikatur tersebut, tokoh “Oom Pasikom” kerap kali mengkritisi berbagai persoalan negeri ini. Tak jarang, karya kartun GM Sudarta ini menggelitik kita dengan penggambaran sesuai dengan situasi dan kondisi segala aspek yang sedang terjadi di masyarakat, entah itu situasi sosial, budaya, politik, maupun hukum.


“Karikatur yang baik adalah yang bisa membuat senyum penguasa, karena tidak marah, karena dia mau membaca koran kita. Karikatur yang baik harus membaut senyum masyarakat yang terwakili aspirasinya, dan senyum karikaturisnya karena tidak takut ditangkap, “ ujar GM Sudarta.                                                                                    

Melalui pameran “50 Tahun Kesaksian Oom Pasikom” publik diajak untuk merenungkan panggung komedi kehidupan di negeri ini. Selama 50 Tahun, tepat sejak April 1967, Oom Pasikom mengajak kita menyaksikan dan menelusuri peristiwa demi peristiwa yang menurut penciptanya, GM Sudarta, seperti sulapan dan sandiwara.

Pameran kali ini menghadirkan sekitar 130 karya kartun. Menurut kurator pameran, Efix Mulyadi dan Ipong Purnama Sidhi, raksasa di dalam karya-karya kartun GM Sudarta mewakili kekuatan jahat. Sosok visual dan kandungn nilainya ia pinjam dari khasanah wayang kulit Purwa, yang diandaikan bisa dipahami di tengah masyarakat masa kini.

Adapun pameran ini dibuka (29/08) pukul 18.30 WITA oleh kartunis yang juga pernah menjadi Ketua Indonesian Cartoonist Association (2005-2010), Jango Pramartha, serta dimaknai pemutaran dokumenter GM Sudarta. Selain pameran, agenda ini dirangkaikan pula dengan pemutaran film “Oom Pasikom: Parodi Ibukota”, karya Chaerul Umam pada Rabu (30/08) serta Diskusi dan Workshop bersama Jango Pramartha pada Rabu (06/09). (RLS)

No comments: