Jul 23, 2017

Mengantar Ima Berangkat ke Yogya

IMA GITA saat merayakan Ultah ke-18
PAGI  subuh tadi, saya mengantar anak wedok Fatima Gita Elhasni ke bandara untuk berangkat ke Yogyakarta. Tujuan resminya adalah untuk kuliah di Jurusan Sosiologi, Fisipol, UGM. Adapun tidak resminya adalah untuk pulang kampung halaman menyusuri akar dan jejak-jejak keluarganya yang tinggal di Pakem, Yogya di bagian utara menjelang kaki gunung merapi.

Soal akar  memang agak unik dan sempat jadi masalah saat saya hendak menentukan namanya. Kala itu, simbok (ibu dari istri) setelah sepasaran, sesua tradisi Jawa sudah membuatkan jenang abang lengkap dengan ubo rampenya sebagai bentuk perayaan sebuah nama.  Meskipun secara teoritik sudah jelas saya yakini bahwa setiap  nama adalah sebuah doa. Tapi nama itu tak juga bisa saya tentukan.

Awalnya, saya sudah menemukan nama yang saya anggep cakep, yakni Gita Loema Dara . Gita diambil dari nama simbok Gito Prayitno yang berarti tembang. Adapun Loema Dara berasal dari salah-satu karakter yang saya sukai  dari novel Romo Mangunwijaya, “Ikan-ikan Hiu, Ido, Homa”. Tetapi kemudian saya merasa ada kekosongan dalam nama itu karena adanya sebuah akar yang hilang.

Akar yang menjadi rujukan dari tradisi yang hidup dan mengalir serta menjadi meta narasi dalam melakoni dunia ini. Saat itulah muncul nama Fatima yang saya ambil dari nama putri kanjeng nabi Muhammad SAW. Dikisahkan bahwa Fatimah Az Zahra adalah putri yang memiliki keteguhan hati dan kesabaran meski hidup dalam kesederhanaan.

Untuk lebih memberi kesan, di bagian belakang saya berikan nama Elhasni. Sepintas seperti bahasa Arab bukan? . Tapi sebenarnya itu adalah gabungan dari nama saya (Hasan) dan nama istri (Tini). Belakangan, El yang tertempel di Hasni itu sering kami jadikan bahan lelucon bahwa artinya adalah “Loveee”. “Idih kok genit banget..,”. Begitu biasanya komentar dia.

Semua cerita itu seperti melatari hari ini ketika toh akhirnya saya harus  megantarkannya pergi layaknya melepas merpati terbang ke langit.  – ROFIQI HASAN

No comments: