Mar 5, 2011

Diskusi Fotografi : "Biarkan Foto yang Bicara!"

Foto dan tesks : bentara Budaya Bali
Fotografi kian diminati dan digeluti oleh berbagai kalangan. Selain sanggup memadukan antara kecanggihan teknologi dan estetika seni, hal menarik lainnya dari fotografi ialah mampu merangkum cerita melalui bahasa visual atau gambar sehingga melahirkan suatu pemaknaan.

Sepekan lalu (26/2) telah dibuka pameran fotografi bertajuk “Zoom in Bali” di Bentara Budaya Bali. Pameran yang dikuratori oleh Made Iwan Darmawan ini memajang puluhan karya-karya fotografi yang bercerita tentang berbagai peristiwa dan kisah seputar Bali masa kini.



Serangkaian pameran tersebut, akan digelar diskusi terbuka dan workshop terkait fotografi pada Rabu, 9 Maret 2011, pukul 10.00 WITA di Bentara Budaya Bali, Jalan Prof. Ida Bagus Mantra nomor 88 A, By Pass Ketewel. Di samping membahas sisi estetik serta teknik dalam fotografi, dialog yang menghadirkan Made Iwan Darmawan sebagai pembicara tersebut juga secara khusus membahas topik terkait kehidupan Bali lampau, kini dan juga mendatang, yang coba ditampilkan oleh para seniman foto melalui karya-karya yang dipamerkan. Acara ini mengundang kelompok-kelompok pencinta fotografi di seluruh Bali untuk membincangkan lebih jauh tentang peran komunitas dalam perkembangan kreativitas foto di pulau ini.

Selain menggeluti fotografi, Made Iwan Darmawan juga sastrawan dan pernah bergiat sebagai wartawan, aktif sebagai kurator serta juri kompetisi foto. Ia juga sempat menempuh studi di Fakultas Film dan Televisi (FFTV) Institut Kesenian Jakarta (1992). Novelnya yang terkini, Ayu Manda (Grasindo, 2010)

1 comment:

Anonymous said...

ayo rame2 datang....