Feb 17, 2011

Sisi Lain Hollywood di Bentara Bali

Selain tersohor oleh gemerlapnya film-film Hollywood, Amerika Serikat juga dikenal memiliki karya-karya masterpiece hasil cipta para sineas film independen. Jim Jarmusch, seorang sutradara kelahiran Ohio, 22 Januari 1953, adalah salah satu yang paling produktif.


Karya-karya terbaiknya bakal diputar di Bentara Budaya, Bali Jumat-Sabtu, 18-19 Februari 2011 mulai pukul 17.00.  ”Ini kesempatan untuk mengenal sisi lain dari Hollywood,” kata Frischa Aswarini dari komunitas sahaja yang bersama Udayana Scientific Club menggagas acara ini.


Karya-karya Jarmusch  yang sempat menempuh studi di Tisch School of Art New York University dan menjadi asisten sutradara ternama, Nicholas Ray, ini telah meraih berbagai penghargaan internasional, seperti Golden Leopard di Festival Film San Locarno dan Palm d’Or di Festival Film Cannes.

Pada hari pertama (18/2), akan ditayangkan film Stranger Than Paradise (1984), merupakan karya panjang Jarmusch yang pertama dan seklaigus meraih berbagai penghargaan; Mystery Train (1989) yang lebih bercorak komedi, serta Dead Man (1995), dibintangi aktor populer Jhonny Depp.

Tak hanya itu, Broken Flower (2005), sebuah drama psikologis dibintangi komedian Bill Murray, dan The Limits of Control (2009) berlatar drama kriminal akan ditayangkan pada hari kedua, dipadukan dengan diskusi film bersama Made Adnyana, seorang sutradara film, serta apresiasi seni dari Teater Angin.

“Program Pemutaran Film ini diadakan rutin tiap bulan, selain hendak memperkenalkan film-film bermutu ke khalayak, kegiatan ini juga membuka sesi diskusi yang sekiranya bisa menjadi ruang apresiasi bersama. Acara ini gratis, dan ada sertifikat untuk teman-teman peserta ” ujar Ida Ayu Tri Nandari, panitia Pemutaran Film. ROFIQI HASAN

No comments: