Feb 15, 2011

Bali di Mata Kartunis Perancis

Mau tahu Bali di mata orang asing? Datanglah ke Allliance France. Saat ini sedang dipamerkan karya-karya Simon Hureau mengenai Bali. Adapaun Hureau adalah salah-satu kartunis paling terkemuka di Perancis saat ini.


karya itu kini dipamerkan hingga 19 Februari nanti. “ Sebagian besar adalah karya ketika saya mengadakan perjalanan di bali pada tahun 2005,“ ujarnya. Selain Sanur, ada juga karya yang merekam aktivitas di Ubud, Nusa Dua dan berbagai pelosok Bali lainnya.



Karya-karyanta berusaha untuk menggambarkan kondisi sosial budaya sedetail mungkin. Ia berharap, hal itu akan menjembatani jurang komunikasi antar bangsa dan budaya. Namun demikian, gambar yang ditampilkannya selalu tampak unik dan jenaka sehingga mengundang senyum para penikmatnya.

Audrey Lamou dari AF Denpasar menyebut, Hureau adalah sosok kartunis yang mewakili genre paling populer di Perancis saat ini. “Kami undang kesini serangkaian program bulan komik setiap Februari,“ ujarnya. Selain berpameran , Hureau juga akan memberikan workshop bagi siswa Sekolah Menengah di Bali dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi  New Media di Denpasar. ROFIQI HASAN 

No comments: